STOP MOTION ANIMASI


A.      Pengertian stop motion

Stop motion terdiri dari dua kata yaitu stop yang teknik dan menggunkan prinsip frame to frame gerakan, berarti bergerak. Animasi dua dimensi pengerjaanya sama dengan animasi pada umunya yaitu mengatut frame per frame gambar. Numun yang membedakannya disini adalah cara menghidupkan / animatenya. Jadi dapat disimpulkan stop motion animation adalah eknik membuat animasi/ film/ movie yang dibuat seolah –olah  potongan – potongan gambar membentuk gerakan bahkan cerita.
            Dalam definisi yang lain animasi adalah serangkaian gambar yang bergerak dengan cepat secara kontina yang memiliki hubungan antara yang bergerak dengan objek animasi dapat berasal dari gambar pada media sel,kertas,menggunakan komputer atau dengan tanah liat dan mencakup seluruh seni yang pernah ada, di tambahkan dengan sarana publikasi dan teknologi khususnya fotografi.
            Animasi pada umumnya memiliki gerakan gerakan yang lincah, mengapa disebut stop motion? Karena jika mengerjakan menggunakan stop motion gerakan tidak akan tampak lincah karena keterbatasan gerak objek. Pada umunya animasi awalnya bukan video namun melainkan kumpulan gambar yanf berurutan, Namun kumpulan gambar yang di dapatkan dalam stop motion tidaklah sehalus pergerakan animasi dengan komputer  gerakannya terkesan patah –patah  karena pegamabilan sebuah gambarnya memerlukan penggerakan objek secara manual.
            Dalam pengembangan stop motion animation sering di sebut juga clyanimation ,karena animasi ini sering menggunakan clay ( plastisin/ tanah liat) sebagai objek yang di gerakan berdasarkan teknik penggarapannya,selain limited animation , dan teknik yang paling baru adalah CGI “ Computer Generated Imagery, penggarapan animation dengan  teknik stop mation sebenarnya tergolong paling kuno dan sangat  sederhana sekali. Tidak di perlukan satu keahlian khusus dalam membuatnya,yang paling di butuhkan dalam pengerjaanya teliti dan delaten. Animasi ini bukan animasi yang dapat dibuat  dengan singkat waktu. Namun semua orang bisa mencobanya. Peralatan yang dibutuhkan  hanyalah kamera  foto atau kamera video type apa pun , dan yang paling penting adalah objeknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dasar Rigging dengan Bone (tulang ) pada objek 3D

A. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN STORYBOARD

MACRO DAN MICRO